Sejarah dan Perkembangan Komputer

Komputer yang kita gunakan saat ini adalah hasil berkembangnya komputer dari jaman ke jaman. Komputer yang kita miliki adalah hasil evolusi teknologi, dari segi ukuran komputer dulu sangat besar namun dengan berkembangnya teknologi nano komputer dan elektronik lainnya ukurannya bisa lebih kecil hingga saat ini. Pada kesempatan ini saya akan berbagi ilmu tentang macam - macam komputer menurut sejarahnya dari masa ke masa.

Komputer Generasi Pertama
Komputer generasi pertama dirancang untuk mengerjakan tugas yang berifat khusus. Komputer ini memiliki rancangan program yang disebut "Bahasa Mesin" atau "Machine Language". Pada rancangan itu masih sangat sulit untuk di program, dan karena itu maka kecepatan dalam mengatasi pekerjaan komputer sangat rendah. Lalu setelah perang dunia pertama terjadi pengembangan komputer oleh negara - negara besar. Pada tahun 1941 seorang insinyur bernama Konard Zuse telah membangun komputer bernama Z3 yang digunakan untuk mendesain pesawat terbang dan roket otomatis.

Konard Zuse perancang Z3 Komputer
Konard Zuse Z3 Computer

Dua tahun setelah itu pada tahun 1943 negara Inggris telah menciptakan komputer untuk menyelesaikan pemecahan kode rahasia yang dipakai jerman, komputer itu diberi nama Colossus. Namun itu tidak terlalu memberi pengaruh besar terhadap dunia teknologi komputer dikarenakan Colossus bukanlah komputer serbaguna yang hanya dapat menyelesaikan kode rahasia dan komputer ini tidak di publikasikan selama satu dekade hingga perang selesai.

Howard H. Aiken pada tahun 1900-1973 dengan gelar Insinyur dari Harvard telah memproduksi kalkulator elektronik dengan ukuran sebesar setengah lapangan bola dan diberi nama Mark I.

Howard H. Aiken perancang Mark 1 Komputer
Mark 1 Computer
Lalu setelahnya terjadi pengembangan kembali dari sebuah komputer yaitu ENIAC (Electronic Numerical Integrator dan Computer) yang dibuat oleh USA dan University of Pennsylvania. Komputer ini memiliki 18 ribu tabung vakum, 70 ribu resistor dan 5 juta perekatan dengan solder. Dengan mengkonsumsi daya sebesar sekitar 160kW, komputer rancangan John Presper Eckert dan John W. Mauchly adalah komputer serbaguna yang bekerja hingga 1000 kali lipat lebih cepat dari Mark I. Selanjutnya ada EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic Computer) pada tahun 1945 oleh Von Neumann dan UNIVAC (Universal Automatic Computer I) pada tahun 1951 oleh Remington Rand.

EDVAC Komputer
EDVAC Komputer
UNIVAC komputer
UNIVAC Komputer

Inti dari semua komputer generasi pertama adalah memakai tabung vakum sebagai komponen utamanya dan komputer generasi pertama itu ukurannya sangat besar.

Komputer Generasi Kedua
Transistor adalah titik terang dari evolusi perkembangan komputer dengan transistor dapat menggantikan tabung vacum yang digunakan di generasi pertama. Pada transistor dalam segi ukuran dan kekuatan lebih mengungguli tabung vacum sehingga pada saat itu tabung vacum mulai ditinggalkan.Transistor mulai digunakan pada tahun 1956, mesin yang pertama kali menggunakan teknologi dan komponen ini superkomputer yang dikerjakan oleh IBM,Stretch dan Sprery-Rand menghasilkan sebuah komputer yang bernama LARC. Komputer ini dapat menangani data dalam jumlah besar namun dengan harga komputer itu yang sangat mahal dan terlalu kompleks untuk finansial dan bisnis maka komputer ini tidak terlalu berkembang pesat.

Pada generasi ini, komputer tidak lagi menggunakan bahasa mesin. Komputer ini menggunakan bahasa assembly, bahasa ini menggunakan singkatan-singkatan untuk menggantikan kode biner. Akan tetapi pada tahun 1960, komputer ini pun berkembang di dunia finansial, bisnis maupun di bidang pengetahuan. Salah satu contoh komputer generasi kedua adalah IBM 1401 yang digunakan pada saat itu untuk perindustrian. Pada saat itupun bermunculan bahasa program atau programming language seperti COBOL (Common Business-Oriented Language) dab FORTRAN (Formula Translator), dan dengan bahasa program itu bahasa komputer di translasikan dan dapat mudah dipahami oleh manusia.

IBM 1401 Komputer
IBM 1401

Komputer Generasi Ketiga
Pada Generasi kedua, transistor mengungguli kemampuan dan konsumsi ruang, namun daya tahan terhadap panas yang ditimbulkan oleh transistor dapat merusak komponen lainnya yang terhubung dengan transistor. Dalam pemecahan masalah ini Batu Kuarsa atau quartz rock adalah solusi yang paling sempurna pada saat itu. Seorang Insinyur bernama Jack Kilby dari Texas Instrument mengembangkannya hingga menjadi komponen yang populer saat ini dalam dunia teknologi yaitu IC ( Integelented Circuit) pada tahun 1958.

IC Pertama
IC Pertama

Pada saat itu IC dapat menggantikan ratusan transistor kedalam satu buah IC sehingga dapat lebih meminimalisir penggunaan ruang, biaya dan juga IC mengkonsumsi daya lebih kecil yang menjadikannya kuat terhadap panas berlebih.

Komputer Generasi Keempat
Pada tahun 1980-an teknologi VLSI(Very Large Scale Integration) memungkinkan membuat ribuan komponen menjadi satu chip, lalu setelahnya UVSI (Ultra Large Scale Integration) dapat membuat jutaan komponen menjadi satu chip. Dengan begitu konsumsi daya dalam sebuah komputer dapat lebih diminimalisir dan juga meningkatkan kinerja dari sebuah komputer. Chip Intel 4004 adalah chip dari processing unit pertama yang membawa kemajuan dalah dunia komputer pada tahun 1971. Dengan metode ini kontrol terhadap komponen internal maupun eksteral lebih teroganisir. Chip ini sekarang dikenal dengan Processor.

Chip Intel 4004
Chip Intel 4004
Intel Core i7
Chip Intel Terbaru Core i7

Komputer Generasi Kelima
Komputer generasi ini masih dalam tahap pengembangan dimana komputer dapat berinteraksi dengan manusia secara langsung. Dengan didukung keceradasan buatan yang dapat mengolah informasi sesuai keinginan membuat komputer ini sangat dinantikan oleh dunia teknologi.
Komputer generasi ke 5 supermicro
Supermicro Komputer

Sedikit yang dapat saya share semoga bermanfaat dan jangan lupa
Beri +1,like,share atau follow fanpage,G+ dan blog kami untuk mendapat informasi dan tutorial seputar dunia teknologi.
0 Komentar untuk "Sejarah dan Perkembangan Komputer"

Back To Top